Destinasi Wisata Wajib dikunjungi di Pulau Belitung

Destinasi Wisata Wajib di Pulau Belitung

Pulau Belitung saat ini menjadi destinasi wisata tujuan wisatawan mancanegara, jika dulu wisatawan asing hanya mengetahui bahwa Indonesia itu adalah Bali saja, namun saat ini sepertinya mereka sudah mengetahui dengan benar bahwa Indonesia kaya akan pulau cantik dan tidak hanya Bali saja. Pulau Belitung dikelilingi beberapa pulau cantik dan jernih airnya, biru warnanya seperti awan. Belitung menjadi salah satu island hopping untuk menghabiskan waktu liburan di spot indah untuk syuting Laskar Pelangi. Belitung kini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan yang tidak berjumlah sedikit, sebuah destinasi akan menjadi maju ketika ramai dikunjungi orang namun juga harus tetap memperhatikan kondisi lingkungan dan membatasi jumlah wisatawan agar aset negara tidak dirusak oleh tangan-tangan jahil yang sengaja ingin merusak.

Berikut pulau wajib yang harus dikunjungi Anda ketika datang ke Pulau Belitung. Scroll down langsung ya.

Pantai Tanjung Kelayang

Merupakan starting point di Belitung. Lokasi pantai ini terletak 30 menit saja jika ditempuh dari kota Tanjung pandan. Dari kota tersebut, para pelancong akan menaiki kapal motor dan diantar pemandu mengunjungi pulau – pula indah.

Pulau Batu Garuda

Lokasinya tidak jauh dari pantai Tanjung Kelayang, minta saja ke pemandu untuk berhenti sebentar di sekitar pulau batu garuda tersebut. Cocok dengan namanya, formasi bantu besar yang ada di pantai Batu Garuda menyerupai dengan kepala burung garuda. Nampak pada satu bagian batu yang berbentu seperti paruh garuda. Karena keunikan batu tersebut, pantai batu garuda menjadi tempat paling hits bagi turis asing yang sedang berkunjung.

Pulau Lengkuas

Banyak pelancong yang mengatakan bahwa belum sah jika ke Belitung tapi tidak mendatangi pulau Lengkuas. Pulau yang penuh dengan hamparan pasir putih dan air jernih mempunyai mercusuar yang sudah berusia ratusan tahun, merupakan peninggalan Belanda. Mercusuar itu dibangun pada tahun 1882, memiliki tinggi hingga 50 meter. Wisatawan diperbolehkan naik ke atas puncak dan diharuskan melepas alas kaki, serta dimintai kontribusi sebesar Rp 5000 setiap wisatawan.

Pulau Kepayang

Selain island hopping, ada satu pulau lagi yang dikhususkan untuk restoran yang menyediakan makanan prasmanan, sebut saja pulau Kepayang, bisa ditempuh dari pulau Lengkuas sekitar 30 menit. Pulau ini dikelilingi pasir putih dan memiliki fasilitas lengkap seperti restoran, toilet dan spot – spot asik untk berjemur di pinggir pantai. Jikalau mengikuti agenda tour dan travel maka makan siang kemungkinan bisa diadakan di pulau ini.

Pulau Pasir

Pulau ini sering disebut dengan pulau gosong oleh para traveller. Cocok dengan namanya, pulau pasir ini hanya terdiri dari pasir putih yang menonjol di tengah laut. Pulau ini hanya bisa dikunjungi ketika air laut sedang surut. Ketika tidak sedang surut maka pengunjung tidak akan bisa menikmati suasana keindahan pantai pasir. Selain disuguhkan dengan panorama indah Anda juga bisa melihat bintang laut dan banyak spot bagus untuk berpose ria.

Pulau batu berlayar

Selain pulau-pulau dengan pantai epik yang sudah disebutkan, spot wajib terakhir yaitu Pantai batu berlayar atau pantai Laskar Pelangi. Granit besar yang memenuhi pulau ini disebut batu berlayar. Mengapa dimanakan batu berlayar ? karena ada dua batu raksasa yang berdiri dengan vertikal dan membentuk layar kapal. Pasir di pantai ini sangat halus dan pulaunya pun bebas dari sampah, spot untuk berfoto juga banyak ditemukan. Karena pulaunya jernih, mempunyai warna biru kehijauan, cocok untuk berenang dan bermain air. Ulasan di atas semoga membantu Anda untuk menggali informasi sebanyak mungkin tentang Pulau Belitung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *