Menjelajahi Spot Epik Wisata Pulau Belitung

Menjelajahi Spot Epik Wisata Pulau Belitung

Pulau Belitung menyimpan banyak sekali destinasi wisata surga yang tidak bisa ditolak siapapun. Keberagaman alam Indonesia memang layak dipertahankan dan dijaga oleh masyarakat pribumi, jangan sampai aset negara Indonesia malah dikuasai pihak asing. Nah langsung saja kita ulas beberapa spot epik yang wajib dikunjungi ketika datang ke Bangka Belitung.

a. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini menjadi salah satu tempat lokasi syutingnya film Laskar Pelangi, pantai dengan batu granit besar terlihat cantik berjejer di sepanjang bibir pantai. Lokasi inilah yang menjadikan banyak orang ingin datang ke pantai tersebut. Lokasinya berjarak 31 KM dari kota Tanjung Pandan, pantai ini termasuk pantai yang mudah dijangkau wisatawan, perjalanannya hanya emmakan waktu sekitar 40 menit saja. Wisatawan yang datang ke tempat tersebut tidak hanya akan disuguhi pantai berbatu granit saja namun juga pasir putih halus juga banyak ditemukan di lokasi tersebut.

b. Pantai Pulau Pasir

Ketika air laut sedang surut jangan lupa untuk berkunjung ke pantai Pulau Pasir, pantai tersebut bisa menyapa langsung bintang laut yang ada di depan mata. Memang banyak sekali pantai indah yang wajib dikunjungi pelancong ketika datang ke Belitung namun pantai Pulau Pasir menjadi salah satu pilihan pantai wajib kami. Pantai pulau pasir bisa dijangkau dengan perahu selama 15 menit dari Tanjung Kelayang, perlu diingat bahwa pantai ini hanya bisa dikunjungi ketika air laut sedang surut. Sebab ketika air laur sedang naik maka pantai indah tersebut tidak bisa dikunjungi, wisatawan yang datang ke pantai tersebut akan menemukan banyak bintang laut yang menarik perhatian banyak orang.

c. Melihat Pulau Lengkuas dari Ketinggian

Setelah Anda puas berpose ria di Pulau Belitung dengan pantai indahnya, saatnya Anda melangkahkan kaki untuk melihat pulau lengkuas. Cara melihatnya sangat mudah yaitu dengan naik ke puncak mercusuar, dari ketinggian wisatawan akan disajikan pemandangan pantai berair biru dan pasir putih yang terlihat harmonis dan romantis. Perjalanan menuju pulau tersebut memakan waktu kira – kira 20 menit jika Anda menempuhnya dari Tanjung Kelayang. Tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandangan mercusuar saja, tapi pengunjung juga diperbolehkan berenag dan menikmati alam bawah laut yang tiada duanya dengan negara lain.

d. Diving di antara batu granit

Anda telah memanjakan mata dengan melihat keindahan Belitung dari permukaan, kini saatnya melihat keindahan alam bawah laut yang menawan versi Laskar Pelangi. Naiklah kapal yang membawa penumpang menuju Batu Malang penyu, keindahan biota laut dari terumbu karang dan spesies ikan yang berseliweran akan menjadi pemandangan yang menakjubkan. Selain itu di pulau tersebut wisatawan juga bisa menikmati sensasi berenang di antara batu granit. Juga ditemukan bangkai kapal Indomarine Ship Wreck yang tenggelam pada tahun 1980, kapal tersebut memang menjadi incaran wisatawan sebagai objek wisata bawah laut dari Batu Malang penyu. Berenang diantara batu granit besar dalam alam bawah laut hanya bisa dilakukan di dua tempat yaitu : Belitung, Samudera Hindia dan Kepulaun Seychelles.

e. Museum Kata milik Andrea Hirata

Andrea hirata melejit namanya setelah penulisan Laskar Pelangi difilmkan. Di Belitung tepatnya di jalan raya lascar pelangi Gantong Belitung Timur terdapat sebuah rumah yang dimanfaatkan sebagai museum. Museum tersebut berisi tentang perjuangan anak – anak yang diceritakan dalam novel Laskar Pelangi. Museum itu diberi nama museum kata. Dalam setiap sudut ruangan museum seolah bercita tentang kisah panjang perjuangan ikal dan teman – temannya dalam bentuk gambar dan kata – kata yang inspiratif. Pengunjung hanya ditariki bayaran sebesar Rp 2000 saja.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *