Pulau Belitung Kini, Negeri Laskar Pelangi

Pulau Belitung Kini, Negeri Laskar Pelangi

Pulau Belitung, tempat persahabatan Ikal dan Arai menimba ilmu hingga mereka meraih pendidikan tertinggi, impiannya menuju ke Paris, menjadi kisah yang melekat di memori kita. Ya, sang penulis Novel kenamaan Laskar Pelangi, Andrea Hirata mengisahkannya di pulau cantik ini. Siapa sangka sejak meledaknya film serta novel Laskar Pelangi, nama Pulau Belitung atau biasa disebut Pulau Belitung ini semerbak mewangi kemana-mana, hingga mancanegara. Pulai nan mungil tapi asri, menyimpan sejarah dan kekayaan alam yaitu timah menjadi primadona di tanah sendiri. Sejak menjadi tempat penghasil timah terbesar, namanya juga melambung menjadi tempat wisata terkenal yang wajib disambangi saat liburan tiba.

Wisata Laskar Pelangi

Bagi penggemar Novel Trilogi Laskar Pelangi, mari saya ajak berkeliling. Tidak sulit untuk sedikit merapal isi cerita novel Laskar Pelangi karena di tempatnya langsung kita bisa menyaksikannya sendiri, saksi-saksi bisu dibuatnya film legendaris ini. Yang pertama adalah Museum Andrea Hirata. Kamu bisa menemukan alamatnya di Jalan Raya Laskar Pelangi 7 Gantong, Belitong Timur.  Dengan bermodalkan rumah sederhana dibuatkan menjadi museum tempat riwayat perjuangan anak-anak asuhan Laskar Pelangi meniti pendidikan dengan luar biasa. Museum penuh kenangan yang dinamakan ‘Museum Kata’ ini dapat dikunjungi dengan membayar tiket masuk hanya sebesar Rp 2.000,00. Sangat terjangkau bukan? Tiket ini dimaksudkan untuk perawatan museum agar tidak terbengkalai dan tetap terjaga keasliannya. Kamu bisa melihat foto-foto dan keterangan yang dibuat semenarik mungkin tentang cerita Ikal dan kawan-kawan di Novel dan film Laskar Pelangi.

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan dalam wisata Laskar Pelangi di Pulau Belitung ini, yaitu Sekolah Dasar yang merupakan set dari film Laskar Pelangi, SD Muhammadiyah Gantong. Tadinya sekolah ini selepas shooting film akan dipugar karena memang hanya replika dari sekolah dasar yang asli. Tetapi karena kecintaan warga Gantong terhadap figure sekolah yang mempunyai arti kenangan mendalam akan Laskar Pelangi, akhirnya sekolah sederhana ini tetap berdiri tegap. Tak jauh dari Museum Andrea Hirata, Kamu bisa berjalan beberapa ratus meter menuju sekolah ini untuk sekedar melihat-lihat juga berfoto. Tak ingin kan melewatkan kesempatan ini, menjadi murid SD Gantong sejenak!

Tips dan Trik Wisata Belitung

Referensi tempat wisata sudah, bersiaplah untuk membuat rencana liburan dan budget yang cukup dari sekarang! Masih bingung dan sudah tidak sabar ingin ke Pulau Belitung meskipun uang di kantong tidak full, jangan khawatir dan bersedih, kami siapkan beberapa trik dan tips yang mungkin berguna buat Kamu yang ingin backpackeran ke Pulau Belitung.

1. Transportasi.
Hmm, biasanya faktor ini yang jadi kendala keuangan Kamu bukan? Usahakan menggunakan transportasi umum seirit mungkin, naik kereta api misalnya. Saat sudah sampai di Jakarta, kamu bisa menggunakan pesawat terbang untuk mempersingkat waktu tempuh. Dijamin bakal senang dan happy jika melakukan trip bersama kawan-kawan, ajak teman-temanmu!

2. Penginapan
Satu hal yang paling dicari sesampainya di lokasi wisata, pastinya penginapan. Sebelum menjelajahi alam dan pantai tidak mau kan direpotkan dengan badan yang sudah lelah dan pegal-pegal hasil dari perjalanan jauh. Langsung saja ke Tanjung Pandan, disana ada beberapa hotel atau penginapan murah tapi nyaman, bisa dijadikan referensi.

3. Makanan
Penginapan sudah, wah tidak mau perut berbunyi saat berwisata kan? Jangan khawatir untuk soal makanan di Pulau Belitung, dijamin tidak menguras kantong, rasanya juga lezat! Ada mi kuah, ikan bakar, seafood, dan masih banyak yang lain. Satu yang wajib dicoba adalah warung kopi Manggar yang sudah melegenda. Pantai pasir putih cantik, angin sepoi-sepoi, konstelasi bintang, kopi panas Manggar, hmm sedap!

4. Transportasi lokal
Oh ya, kalian pasti ingin mengelilingi perairan Pulau Belitung yang terkenal lautnya jernih, hijau, bersih dan terumbu karang cantik? Bila ingin menghemat biaya, usahakan untuk mencari teman dalam menyewa perahu, karena ongkos perahu biasanya 300ribu-400ribu untuk 10 orang per perahu. Ayo berlayar seperti Kugy di Perahu Kertas!

5. P3K dan Obat-obatan pribadi
Mungkin bagi sebagian orang, perlengkapan yang satu ini akan diremehkan. Hei, jangan salah, hal-hal kecil ini pasti akan berguna nantinya. Obat merah, plester, minyak kayu putih, obat anti mabuk, sunscreen SPF, losion antio nyamuk, dan obat-obatan khusus lainnya, harus selalu dibawa saat penjelajahan alam seperti ini! Safety first! J
Yooott…. Seperti itulah yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah referensi liburan. Berlibur harus cerdas dan dipikirkan matang-matang. Selamat piknik ke Pulau Belitung!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *