Surga Pulau Belitung di Tanah Negeri Laskar Pelangi

Surga Pulau Belitung di Tanah Negeri Laskar Pelangi

Pulau Belitung, the Hidden paradise of wisata bahari Indonesia. Ya, mungkin Pulau Belitung terdengar asing bagi sebagian orang, kurang terkenal apabila dibandingkan dengan Pulau Dewata Bali yang sudah menjadi primadona wisata Indonesia sejak dulu. Pulau Bali yang penuh sesak saat menjelang liburan, wisata pantainya yang sudah banyak orang tahu, dan intensitas bepergian ke sana yang terlalu sering akan membuat jenuh dan bosan. Indonesia tidak hanya mempunyai Bali sebagai pulau cantik nan eksotis. Coba kita menengok ke sebelah barat Indonesia, tepatnya di selat Karimata yaitu Kepulauan Bangka Belitung, terdapatĀ  gugus-gugus pulau eksotis yang menarik mata pengunjung. Salah satu pulau yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata adalah Pulau Belitung atau lebih dikenal dengan Pulau Belitung.

Wisata Bahari Pulau Belitung

Letaknya yang strategis, dekat dengan ibukota Jakarta hanya 1,5 jam perjalanan bila menggunakan pesawat terbang, sungguh menjadi aset yang mendukung potensi wisata di Pulau Belitung. Dinas Pariwisata setempat sudah mengusahakan mulai membangun, mempercantik, memperbaiki akses jalan ke sana serta mempromosikan Pulau Belitung ini. Belakangan karena kerja sama yang kuat antara pemerintah setempat dan warga sekitar untuk memajukan pariwisata di sini, banyak wisatawan domestic dan mancanegara yang tertarik untuk mengeksplorasi keindahan alam terutama bahari di Pulau Belitung. Karena image Pulau Belitung adalah sebagai pulau penghasil timah, dengan potensi wisata ini akan memperkecil pengaruh buruk kerusakan lingkungan efek dari pertambangan liar. Garis pantai yang luas mengelilingi pulau, dengan pasir putihnya, masih perawan dan tidak terpengaruh campur tangan manusia. Potensi wisata bawah laut dengan terumbu karang serta kehidupan biota laut masih terjaga dan tidak kalah dengan yang ada di Pulau Bali. Pantai-pantai yang ada di Kabupaten Belitung diantaranya adalah Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Binga, Pantai Tanjung Pendam, Pantai Air Saga, Pantai Burung Mandi, Pantai Tanjung Kiras, dan Pantai Batu Itam.

Pantai Cantik Di Pulau Belitung

Begitu banyak pantai-pantai di Pulau Belitung yang wajib dikunjungi, berikut dua pantai eksotis yang kami pilihkan dan hadirkan untuk membantu referensi Anda mengeksplorasi keindahan Belitung!

  1. Pantai Tanjung Kelayang dan Perairan Pulau Lengkuas
    Pantai Tanjung Kelayang dan Perairan Pulau Lengkuas terletak di Dusun Baru Desa Keciput, Anda tinggal berkendara dari Tanjung Pandan sekitar 30km menuju Kecamatan Sijuk. Hal unik yang menjadi primadona pantai Tanjung Kelayang ini adalah adanya batu granit yang bentuknya sepertiĀ  kepala burung. Sungguh cantik dan unik! Ditambah dengan perairan Pulau Lengkuas yang menyajikan pemandangan bawah laut eksotis berupa terumbu karang yang dijaga kelestariannya.
  2. Pantai Tanjung Tinggi
    Selanjutnya, lagi-lagi pantai di Pulau Belitung hahaha tapi jangan khawatir, masing-masing di antaranya memiliki keunikan tersendiri, rugi apabila Anda tidak menyambanginya. Yup, Pantai Tanjung Tinggi, pantai yang menjadi lokasi shooting dari film fenomenal Laskar Pelangi. Salah satu yang menjadi ciri khas Pantai Tanjung Tinggi adalah deretan batu granit menutupi pantai, sehingga ombak tertahan dan terdapat cekungan-cekungan batu pantai berisi air laut dengan kedalaman tertentu, dapat digunakan untuk berenang dan bermain-main di sana. Satu hal yang membuat miris, adanya coretan-coretan atau tulisan tangan oleh orang yang tak bertanggung jawab, membuat kotor sekitar pantai. Ayo merubah mindset kita, bahwa pantai adalah penyeimbang ekosistem, bukan hanya tempat rekreasi aja. Jangan dirusak tapi dinikmati dan lestarikan.

Pantai-pantai di atas masih alami dan belum banyak orang yang tahu. Mari kita jaga dan rawat aset pariwisata Indonesia ini jangan sampai dirusak oleh orang-orang yang tidak mengerti keindahan. Mulai dari tidak membuang sampah di pantai, tidak mencoret-coret batu atau benda apapun di sekitarnya., milik kita semua, hanya satu dari Indonesia, Pulau Belitung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *